SOAL UAS PENGANTAR MANAJEMEN

SOAL (jawaban dibawah)
1.       Manajemen sains atau seni jelaskan menurut pendapat saudara?
2.       Penjelasan 3 pilar organisasi beretika :
a.       Individu beretika
b.      Kepemimpinan beretika
c.       Struktur dan sistem organisasi
3.       Jelaskan hubungan dalam sistem informasi
Terkait dengan
a.         Hardware
b.        Software
c.         mainware
4.       Sebutkan 4 faktor yang mempengaruhi desain organisasi?
5.       Fungsi manajemen sdm menurut wherther & davis 1996 jelaskan?
6.       Jelaskan pengertian kepemimpinan?
7.       Unsur kepemimpinan ada 5, masing2 jelaskan?
8.       Jelaskan teori motivasi?
a.         Teori maslow?
b.        Teori frederick?
c.         Teori david c?
d.        Teori Victor H?
e.        Teori mario teguh?
9.       Jelaskan tipe controlling, ada 3 masing2 jelaskan? Feedforward, concurrent, feedback cont?
10.   Jelaskan bentuk komunikasi, ada 6 jelaskan, beri contohnya?
11.   Jelaskan langkah pengambilan keputusan?
a.         Merumuskan masalah
b.        Mencari & mengembangkan alternatif
c.         Memilih alternatif
d.        Menetapkan alternatif
12.   Kekuatan & kelemahan pendekatan MBO?

JAWABAN:

1.       Sains : manajemen memiliki panduan teoritis dan sistematis yang telah dibuktikan oleh secara ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan
Seni : manajemen yang dinamis dan berubah-ubah yang mana jika kita ingin menguasai ilmu tersebut maka ikta harus kreatif dan belajar dari pengalaman.
2.       3 pilar organisasi beretika
a.       Individu beretika :
Integritas, kejujuran, inspirasi kebenaran, memperlakukan orang dengan benar, berlaku wajar, tingkat perkembangan moral yang tinggi
b.      Kepemimpinan beretika :
Model peran, mempertahankan nilai moral dalam organisasi, mengkomunikasikan etika dan nilai, menghargai perilaku yang beretika, mendisiplinkan perilaku yang tidak etis.
c.       Struktur dan sistem organisasi
Budaya perusahaan, kode etik, komite etik, direktur etik, pelatihan etika, mekanisme pembocor
3.       Hubungan dalam sistem informasi
a.       Hardware : hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi, yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database
b.      Software : berfungsi sebagai tempat untuk mengolah, menghitung, dan memanipulasi data yang diambil dari hardware utnuk menciptakan suatu informasi.
c.       Mainware : bagian penting dari sebuah sistem komputasi, perangkat keras tidak dapat bekerja tanpa perangkat lunak. Sementara perangkat keras dan perangkat lunak memerlukan mainware untuk menggunakannya.
4.      4 faktor yang mempengaruhi desain organisasi
a.     Pelanggan
b.    Supplier
c.     Pemerintah
d.    Aturan formal, hukum dan perundangan
5.    yaitu untuk meningkatkan dukungan sumber daya manusia dalam usaha meningkatkan efektivitas organisasi dalam rangka mencapai tujuan.
6.       Kepemimpinan : kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.
7.       Unsur kepemimpinan
a.       Unsur pemimpin atau orang yang mempengaruhi : bawahan yang dipengaruhi oleh pemimpin.
b.      Unsur orang yang dipimpin sebagai pihak yang dipengaruhi : pemimpin harus mampu memimpin bawahan untuk dipengaruhi.
c.       Unsur interaksi atau kegiatan dan proses mempengaruhi : seorang pemimpin memberi pengarahan kepada bawahan.
d.      Unsur tujuan yang hendak dicapai : pemimpin & bawahan mempunyai tujuan yang sama.
e.      Unsur perilaku/kegiatan yang dilakukan sebagai hasil mempengaruhi : pemimpin melakukan sesuatu yang dapat ditiru oleh bawahan.
8.       Teori motivasi
a.       Teori maslow (teori kebutuhan) : berpendapat bahwa manusia punya 5 tingkat/hierarki kebutuhan : kebutuhan fisiologikal, kebutuhan rasa aman, kebutuhan akan kasih sayang, kebutuhan akan harga diri, kebutuhan aktualisasi diri
b.      Teori frederick : hubungan seorang individu dengan pekerjaan yaitu mendasar & sikap individu terhadap pekerjaan bisa menentukan keberhasilan & kegagalan.
c.       Teori david c : teori yang berfokus pada 3 kebutuhan : kebutuhan pencapaian, kebutuhan akan kekuatan, dan kebutuhan hubungan.
d.      Teori victor H (teori harapan) : apabila seseorang menginginkan sesuatu, maka akan ada jalan terbuka untuk memperolehnya.
e.      Teori mario teguh : proses yang menjelaskan intensitass, arah ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya, 3 elemen utamanya adalah intensitas, arah, ketekunan.

9.       Tipe controlling
a.       Feedforward : untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan terjadi sebelum tahap kegiatan diselesaikan.
b.      Concurrent : pengawasan yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan.
c.       Feedback cont : pengawasan untuk mengukur hasil kegiatan yang sudah diselesaikan.
10.   Bentuk komunikasi
a.       Lisan : komunikasi yang dilakukan oleh dua orang / lebih saling tatap muka secara langsung. contoh  wawancara, pidato.
b.      Tulisan : komunikasi dilakukan dengan perantara tulisan, bahasa singkat. contoh sms, bbm, surat menyurat.
c.       Formal : komunikasi yang mengikuti rantai komando yang di capai oleh hierarki wewenang. Contoh pembelajaran di sekolah.
d.      Informal : komunikasi yang terjadi diluar dan tidak tergantung pada hierarki wewenang. Contoh arisan ibu-ibu di kampung.
e.      Verbal : komunikasi yang menggunakan kata-kata baik lisan maupun tulisan. Contoh mendengarkan radio.
f.        Non verbal : proses komunikasi dimana menggunakan bahasa tubuh, kontak mata, simbol-simbol dan sebagainya. Contoh sentuhan meliputi : bersalaman, menggenggam tangan, pukulan.
11.   Langkah pengambilan keputusan
a.       Merumuskan masalah : masalah yang terjadi belum tentu sesuai dengan yang diinginkan maka harus mencari solusinya.
b.      Mencari & mengembangkan alternatif : memilih satu alternatif dari tindakan yang ada dengan kriteria tertentu.
c.       Memilih alternatif : pengambilan keputusan harus berdasarkan kriteria tertentu, kompromi / tekanan.
d.      Menetapkan alternatif : dari berbagai alternatif dipilih yang paling kecil resikonya.
12.   Kekuatan / kelebihan pendekatan MBO
a.       program MBO memberi kesempatan kepada para individu untuk mengetahui apa yang diharapkan dari mereka.
b.      program MBO membantu dalam perencanaan dengan membuat para manajer menetapkan sasaran dan waktu yang ditargetkan.
c.       program MBO meningkatkan komunikasi antara para manajer dan bawahan.
d.      program MBO membuat para manajer lebih menyadari tentang sasaran organisasi.
Kelemahan pendekatan MBO

MBO, tentu saja tidak menyelesaikan semua masalah organisasi. Penilaian dari para bawahan merupakan bidang yang sangat sulit karena hal ini menyangkut status, gaji, dan kenaikan pangkat. Bahkan dalam program MBO yang paling baik pun, proses pengkajian kembali mungkin dapat menyebabkan ketegangan dan kebencian.

Comments